KURIKULUM PAUD 2013
Kurikulum
PAUD 2013 pada hakikatnya merupakan seperangkat rencana yang akan dilakukan selama proses
pembelajaran, sehingga mutlak diperlukan oleh setiap satuan pendidikan.
Kurikulum PAUD disiapkan oleh satuan PAUD yang bersangkutan sesuai dengan
kebutuhan anak dengan mengacu pada dalam Peremendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD. Setiap anak diberi kesempatan untuk mengembangkan diri
sesuai potensi masing-masing. Pendidik bertugas membantu, jika anak
membutuhkan.
Kurikulum
PAUD terdiri dari seperangkat bahan pembelajaran
yang mencakup lingkup perkembangan, yaitu perkembangan moral & agama,
fisik-motorik,kognitif, bahasa, dan sosial emosional.
Setiap
Lembaga PAUD dapat mengembangkan kurikulum sendiri-sendiri sesuai dengan ciri
lembaga masing-masing dengan memenuhi prinsip dan capain perkembangan minimal
yang tertera dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD, sebagai acuan. Kemampuan anak
yang tercantum dalam Permendiknas tersebut adalah kemampuan anak pada umumnya,
sehingga pada kenyataannya capaian anak-anak dapat melampaui atau dibawah
usianya. Hal ini harus dianggap wajar.
Untuk menyusun kurikulum PAUD 2013 ini komponen-komponennya adalah :
- KTSP
- Kalender Pendidikan
- Program Tahunan
- Program Semester
- Rencana Kerja Mingguan
- Rencana Kerja Harian
- Komponen-komponen penilaian
Ke 7 hal diatas akan dibahas satu per satu dalam blog ini.
Selain ke-7 hal diatas masih banyak komponen yang perlu dilengkapi dalam proses KBM PAUD. Akan dibahas juga dalam blog ini, Insya Alloh.
Walaupun PAUD kita Non-Formal tetap komponen diatas harus dipenuhi.
Apalagi PAUD kita adalah PAUD formal itu wajib. Bagaimana kegiatan
belajar dan mengajar akan lancar jika Kurikulumnya saja masih
acak-acakan. Marilah kita rapikan dan lengkapi administrasi dan
kurikulum PAUD kita.
1. KTSP PAUD 2013
Kurikulum KTSP PAUD 2013 yaitu kurikulum nasional yang dikembangkan, disusun dan dikelola oleh sebuah lembaga sesuai kebutuhan dan kultur lembaga tersebut. KTSP lembaga yang satu dengan lembaga yang lainnya itu dipastikan berbeda namun mempunyai inti yang sama.
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) perlu dilakukan untuk mengetahui berbagai faktor, baik pendukung maupun
2 Visi Sekolah
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
2 Muatan Lokal
3 Kegiatan Pengembangan Diri
4 Pengaturan Beban Mengajar
2. KALENDER PENDIDIKAN PAUD 2013
Kalender Pendidikan atau Kalender Akademik PAUD merupakan pengaturan waktu kegiatan pembelajaran peserta didik dalam kurun waktu satu tahun. Kalender akademik digunakan sebagai acuan pembelajaran untuk hari efektif (HE), Minggu Efektif (ME) dan Hari libur (HL) pada tahun yang ditempuh.
2. Minggu Efektif
Setiap Kota/Kabupaten juga lembaga dapat menetapkan hari libur khusus diluar hari libur yang ditetapkan. Hal tersebut disesuaikan dengan rencana yang dibuat oleh lembaga tersebut.
3. PROGRAM TAHUNANKurikulum KTSP PAUD 2013 yaitu kurikulum nasional yang dikembangkan, disusun dan dikelola oleh sebuah lembaga sesuai kebutuhan dan kultur lembaga tersebut. KTSP lembaga yang satu dengan lembaga yang lainnya itu dipastikan berbeda namun mempunyai inti yang sama.
Kurikulum
disusun harus memperhatikan seluruh potensi anak agar dapat berkembang
optimal dengan memadukan seluruh aspek pengembangan.
Kurikulum
bukanlah harga mati pada pelaksanaan kegiatan main dan pembelajaran.
Kurikulum merupakan acuan minimal, dengan kata lain, kurikulum
dapat dikembangkan sesuai dengan situasi kondisi peserta didik, waktu,
dan daerah dimana kurikulum tersebut digunakan.
Kurikulum di
lembaga pendidikan anak usia dini terdiri dari dua kategori, yaitu
kurikulum untuk pendidikan formal dan kurikulum untuk pendidikan non
formal. Kurikulum yang digunakan pun dirancang berbeda sesuai usia anak
yang dilayani.
PAUD formal
saat ini menggunakan kurikulum 2004 yang sering disebut dengan kurikulum
berbasis kompetensi (KBK). Sedangkan PAUD nonformal banyak menggunakan
Menu Generik sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran atau pun kegiatan
pengembangan lainnya.
Tata cara penyusunan KTSP PAUD 2013
Komponen-komponen yang termuat dalam KTSP mencakup dua dokumen, yaitu :
Dokumen I dan Dokumen II
DOKUMEN I ( KTSP PAUD 2013 )
Dokumen I
dalam KTSP terdiri dari empat BAB yaitu Pendahuluan, Tujuan Pendidikan,
Struktur dan Muatan Kurikulum, dan Kalender Pendidikan.
BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan berisi penjabaran :
1. Latar Belakang (Dasar Pemikiran Penyusunan KTSP)
Latar
belakang merupakan penjabaran alasan pengembangan kurikulum. Di sini
dibahas dua hal sebagai pertimbangan mengapa sebuah pengembangan
kurikulum perlu ada, yaitu kenyataan yang ada di lapangan dan harapan
pengembang kurikulum.
Kenyataan
berisi mengenai berbagai fakta yang menjelaskan keadaan lapangan yang
menuntut segera dikembangkannya sebuah kurikulum yang sudah ada.
Harapan
pengembang kurikulum, berisi berbagai hal yang diharapakan jika
kurikulum tersebut dikembangkan dari kurikulum yang sudah ada. Harapan
yang disusun memperhatikan kemampuan lembaga, dari segi SDM maupun SDA.
2. Analisis SWOT Kondisi Lembaga
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) perlu dilakukan untuk mengetahui berbagai faktor, baik pendukung maupun
penghambat jika sebuah kurikulum akan dikembangkan di wilayah sekitar lembaga.
a) Strengths (Kekuatan)
Kekuatan
merupakan unsur-unsur yang dapat dijadikan pendukung bagi pengembangan
kurikulum ini. Kekuatan dapat berupa material muapun nonmaterial.
b) Weaknesses (Kelemahan)
Kelemahan
merupakan faktor penghambat bagi pelaksanaan pengembangan kurikulum.
Faktor ini sama dengan faktor kekuatan, dapat bersifat material dan
imaterial.
c) Opportunities (Peluang)
Peluang
merupakan kesempatan, celah, atau alternatif, yang berarti bahwa unsur
ini merupakan berbagai peluang dan alternatif bagi pelaksanaan
pengembangan kurikulum.
d) Threats (Ancaman)
Ancaman merupakan unsur yang dapat menggagalkan proses dan pelaksanaan pengembangan kurikulum.
BAB II TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan Pendidikan berisi penjabaran :
1 Filosofi
Lembaga
menentukan filosofi yang akan dijadikan acuan bagi pengembangan
kurikulum agar tidak melenceng dari falsafah bangsa dan kebutuhan
sekolah. Filosofi pengembangan kurikulum memperhatikan pada budaya
bangsa,perkembangan anak, keadaan wilayah, kemajuan jaman, dan kebutuhan
masyarakat akan pendidikan.
2 Visi Sekolah
Visi
merupakan cita-cita utama sekolah yang dijabarkan dalam kalimat. Visi
ini tidak lebih dari satu kalimat. Beberapa lembaga menjadikan visi ini
sekaligus sebagai motto sekolah agar mudah diingat masyarakat.
3 Misi Sekolah
Misi
merupakan penjabaran agar visi tercapai, atau lebih singkatnya adalah
cara mencapai visi. Hal ini memungkinkan bahwa misi dapat lebih dari
satu kalimat uraian.
4 Tujuan Sekolah
Tujuan
sekolah terlahir dari misi yang ada dan merupakan harapan terhadap
lulusan yang dihasilkan. Cara yang dijabarkan dalam misi dapat diuraikan
menjadi tujuan.
5 Prinsip Pembelajaran
Prinsip
pembelajaran perlu disusun agar pelaksanaan kurikulum yang telah
dikembangkan tetap pada jalurnya. Prinsip dapat disusun dengan
mengadopsi dari perkembangan anak, budaya dan adat istiadat daerah,
ataupun tuntutan perkembangan jaman.
6 Tata Tertib
Jika prinsip
pembelajaran telah disusun, maka perlu ada tata tertib pelaksanaan
pembelajaran yang juga dimuat dalam pengembangan kurikulum agar
pelaksanaannya tidak melanggar karakteristik anak, budaya, dan filosofi
sekolah. Tata tertib diberlakukan pada sekolah, guru, dan orang tua
sebagai pengguna.
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
Hal ini merupakan inti isi kurikulum, di dalamnya memuat menu
pembelajaran yang akan dijadikan acuan pembelajaran sepanjang tahun.
Struktur meliputi kurikulum inti dan kurikulum institusional atau muatan
lokal dan berisi alokasi waktu pada masing-masing aspek.
Isi kurikulum disusun dengan memperhatikan komponen anak, pendidik,
pembelajaran, asesmen, dan pengelolaan pembelajarannya itu sendiri.
- Anak memperhatikan sasaran layanan usia di sekolah
- Pendidik memperhatikan kompetensi lulusan dan kualifikasi pendidikan
- Pembelajaran memperhatikan pengelompokkan usia
- Asesmen dengan menyusun acuan pemantauan perkembangan anak dalam pembelajaran
- Pengelolaan pembelajaran berisi satuan kegiatan dari tahunan hingga ke harian.
1 Bidang Pengembangan
Bidang pengembangan atau aspek perkembangan merupakan perkembangan yang
akan dilatihkan selama proses pembelajaran sesuai dengan usia dan
karakteristik anak.
Jika pengembangan kurkikulum mengacu pada kurikulum PAUD formal, maka
akan ada lima bidang pengembangan. Namun jika mengacu pada kurikulum
PAUD nonformal akan terdapat enam aspek perkembangaan.
2 Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan isi kurikulum yang akan menjadi ciri khas sebuah
sekolah sesuai dengan kegiatan khas dari masyakarat sekitar.
3 Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan pengembangan diri berupa kegiatan ekstrakurikuler yang
merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian anak melalui kegiatan
penyaluran minat, bakat, hobi, kepribadian, dan kreativitas.
4 Pengaturan Beban Mengajar
Pembagian alokasi waktu agar indikator dapat dikembangkan dengan merata.
Kalender berisi tentang pengaturan waktu pembelajaran selama setahun
yang disesuaikan pada kebutuhan daerah, peserta didik dan pemerintah
daerah maupun pusat.
Dalam kalender dijabarkan juga sistem pembelajaran yang dianut,
menggunakan triwulan, catur wulan, atau semester. Memuat juga waktu
pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, dimulai jam berapa dan kapan
berakhirnya.
DOKUMEN II ( KTSP PAUD 2013 )
Dokumen II KTSP berisi pengembangan silabus yang merupakan perencanaan
tahunan, semester/bulanan, mingguan, dan harian. Dokumen II berisi inti
pembelajaran yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.
Demikianlah cara penyusunan KTSP PAUD 2013 ini, untuk contoh dari KTSP yang sudah jadi akan dilampirkan dalam kesempatan lain berupa File yang dapat di unduh di blog ini.
Demikianlah cara penyusunan KTSP PAUD 2013 ini, untuk contoh dari KTSP yang sudah jadi akan dilampirkan dalam kesempatan lain berupa File yang dapat di unduh di blog ini.
2. KALENDER PENDIDIKAN PAUD 2013
Kalender Pendidikan atau Kalender Akademik PAUD merupakan pengaturan waktu kegiatan pembelajaran peserta didik dalam kurun waktu satu tahun. Kalender akademik digunakan sebagai acuan pembelajaran untuk hari efektif (HE), Minggu Efektif (ME) dan Hari libur (HL) pada tahun yang ditempuh.
Kalender akademik ini berfungsi sebagai acuan kegiatan yang akan
dilakukan selama tahun ajaran yang ditempuh. Dari sini dapat terlihat
jumlah Minggu Efektif, Hari Efektif dan perkiraan libur. Sehingga kita
mudah dalam penyusunan program-program sekolah yang lain.
Fungsi, Komponen dan Contoh Kalender Pendidikan
Fungsi kalender pendidikan :
- Mendorong efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran di sekolah
- Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari libur sekolah
- Pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran sekolah
- Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus dan satuan acara pembelajaran
Dalam kalender akademik terdapat beberapa komponen, diantaranya :
1. Tahun Ajaran
Tahun ajaran merupakan awal dari dimulainya kegiatan pembelajaran di
sekolah. Tahun ajaran baru
ditetapkan oleh Dinas yaitu pada Bulan Juli setiap tahun dan berakhir di Bulan Juni tahun berikutnya.
ditetapkan oleh Dinas yaitu pada Bulan Juli setiap tahun dan berakhir di Bulan Juni tahun berikutnya.
2. Minggu Efektif
Minggu efektif adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap
tahun pelajaran. Minggu efektif
untuk PAUD adalah 34 Minggu dalam satu tahun. Tapi setiap sekolah bisa menyesuaikannya sesuai
kondisi dan kebutuhan sekolah.
untuk PAUD adalah 34 Minggu dalam satu tahun. Tapi setiap sekolah bisa menyesuaikannya sesuai
kondisi dan kebutuhan sekolah.
3. Hari Libur
Hari libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar
terjadwal.
Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama
dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan dan libur nasional.
Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama
dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan dan libur nasional.
Setiap Kota/Kabupaten juga lembaga dapat menetapkan hari libur khusus diluar hari libur yang ditetapkan. Hal tersebut disesuaikan dengan rencana yang dibuat oleh lembaga tersebut.
Hali libur tersebut mencakup :
- Libur Semester
- Libur hari-hari besar keagamaan
- Libur nasional
- Cuti bersama
- dan Libur khusus yang ditetapkan lembaga.
Contoh Kalender Pendidikan
berikut ini contoh kalender pendidikan yang ditetapkan Dinas Pendidikan setempat
Klik untuk memperbesar |
Sedangkan lembaga kami mengembangkan sendiri kalender pendidikan sesuai
dengan kebutuhan lembaga. Bentuknya kami ubah berbeda dengan standar
yang dikeluarkan oleh Dinas, namun tanpa mengurangi esensi dari kalender
pendidikan itu sendiri.
Kalender Pendidikan PAUD 2013 PAUD CENDEKIA
Inilah kalender pendidkan yang kami susun untuk Semester I tahun ajaran 2014/2015.
4. PROGRAM SEMESTER
Program Semester atau
Perencanaan Semeter PAUD merupakan program pembelajaran yang berisi
jaringan-jaringan tema yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu
yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1
dan semester 2.
Langkah-langkah penyusunan
program semester sebagai berikut :
- Pelajari dokumen kurikulum , yakni kerangka dasar dan standar
kompetensi. Untuk contohnya : Indikator PAUD Kelompok Usia 2 – 3 Tahun
Dibawah ini adalah contoh indikator PAUD untuk anak usia 2 sampai 3 tahunASPEK PERKEMBANGANSTANDAR PERKEMBANGANPERKEMBANGAN DASARINDIKATORMORAL DAN NILAI-NILAI AGAMAAnak mampu meniru secara sederhana perilaku keagamaan yang dilihat dan didengarnya, mengekspresikan rasa sayang atau cinta kasih sayangnya serta mulai meniru perilaku baik dan sopanDapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana· Menyebut nama Tuhan· Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan· Menyanyikan lagu keagamaan· Mengucapkan salam keagamaanDapat mengekpresikan rasa sayang atau cinta kasih sesamanya· Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian/ rangkulan· Menyayangi binatang· Memelihara tanaman· Suka menolong temanDapat meniru perilaku yang baik dan sopan· Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong secara sederhana· Mau menjawab sapaan dengan ramahSOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIANAnak mampu beriteraksi, dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, mengenal tagungjawab, mulai menunjukkan kemandirian, disiplin, dan percaya diriDapat berinteraksi dengan lingkungan terdekat· Mulai menunjukkan senang bermain dengan teman· Merespon terhadap beberapa nama teman bermain· Senang meniru apa yang dilakukan orang lain· Mau menyapa teman· Dapat menunjukkan keinginannya· Mau memilih sesuatu yang disukai· Mempertahankan hak milik· Menunjuk benda miliknyaDapat mengenal diri dan lingkungan Terdekat· Menunjuk orang-orang yang terdekat· Menyebutkan ciri-ciri dirinya· Menyebutkan idintitas dirinyaDapat menunjukkan kemandirian· Dapat ditinggalkan oleh orangtuanya· Memilih kegiatan sendiri· Mulai dapat menggunakan toilet (wc) namun masih dibantu/diingatkan· Makan dan minum sendiriDapat mengekpresikan emosi secara wajar· Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)· Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami kegembiraan (Misal: Melihat hal yang lucu)Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan· Menyimpan mainannya sendiri· Mulai mengikuti aturan sederhanaMulai menunjukkan percaya diri· Berani mengungkapkan perasaannya· Berani menampilkan kemampuaannyaBAHASAAnak mampu mendengarkan dan berkomunikasi secara lisan dengan kalimat sederhanaDapat mendengarkaninformasi lisan· Mendengarkan cerita· Mendengarkan lagu-lagu· Melaksanakan perintah sederhana· Merespon ketika namanya dipanggilDapat mengungkapkan keinginannya melalui ungkapan sederhana· Mengucapkan kalimat dengan 2-3 kata (Contoh: Saya mau makan, dll.)· Menjawab pertanyaan sederhana “apa, siapa, dimana”· Menggunakan kata ganti "aku"· Menyebutkan nama diri· Meniru dan mengulangi bunyi dan atau kata· Menceritakan pengalaman sehari-hari secara sederhanaDapat mengenal lambang (pramembaca)· Menunjukkan lambang suatu benda (Contoh: mengenal lambang/logo dari produk makanan, minuman yang dikenal anak, dll.)· Mengemukakan kembali cerita yang digemari· Memilih-milih buku/media cetak lainnya menurut kesukaannya· Meminta tolong kepada orang dewasa untuk menuliskan cerita gambar yang dibuatnyaDapat membuat coretan-coretan (pramenulis)· Menghasilkan coretan dengan menggunakan berbagai alat tulis· Menghasilkan garis-garis dengan alat tulisKOGNITIFAnak mampu mengenal benda dan memanipulasi objek/bendaDapat mengenal benda· Menyebutkan benda-benda di sekitar· Menyebutkan berbagai bentuk benda· Membedakan warna yang dikenalnya· Membedakan ukuran benda (besar-kecil)· Membedakan rasa dan bau· Membedakan konsep buka-tutup. depan-belakang, keluar-masukDapat menggunakan benda· Menyusun benda ke atas dan ke samping· Memasang puzzel 3 keping· Membilang 1-5 (tanpa mengenal konsep)· Mengenal konsep 1-2· Membedakan banyak-sedikit, sama- tidak sama· Membedakan bunyi –bunyian· Mulai dapat menggunakan alat untuk memperoleh sesuatu yang berada di luar jangkauannya (Contoh: meraih benda dengan menggunakan alat bantu)· Membangun balok dan merobohkannya· Menyodok, menjatuhkan, mendorong, menarik, dan meremas benda untuk melihat apa yang akan terjadi· Mulai dapat menempatkan benda pada tempat tempat yang sesuai (Contoh: Membuang sampah di tempat sampah, menyimpan mainan ditempatnya, dll.)Dapat mengenal ciri-ciri benda/orang· Mulai mengenal jenis kelamin· Menyebutkan bagian tubuh secara sederhanaFISIK/MOTORIKAnak mampu melakukangerak dasar sederhanaDapat melakukan gerakan di tempat (tidak berpindah)· Meniru gerakan senam sederhana· Mengekspresikan diri lewat seni musik, dengan berbagai gerakanDapat melakukan gerakberpindah tempat· Berjalan dengan kontrol yang baik· Berlari lurus ke depan· Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm dengan dua kaki· Merayap dan merangkak lurus ke depan· Menghindari rintangan ketika berjalan· Melompat ke depan dengan dua kaki bersama-sama· Menirukan gerakan binatang dan tanaman· Naik turun tangga dengan berpeganganDapat memainkan benda menggunakan tangan atau kaki· Menggulirkan bola dengan satu/dua tangan· Melempar bola dengan satu atau dua tangan· Memasukkan bola ke dalam keranjang· Menangkap bola besar yang dilambungkan dengan dua tangan· Menendang bola· Memegang benda dengan benar· Mengaduk cairan dengan berbagai alat· Menuang (air, beras, biji-bijian)· Meraup pasir, biji-bijian, berasAnak mampu menunjukan kontrol dan koordinasi antara tangan dan mataDapat melakukan koordinasi mata dan jari-jari untuk kelenturan otot· Merobek dengan jari· Menggunakan lima jari untuk meremas-remas sesuatu· Menggunakan dua jari untuk memegang sesuatu· Melipat kertas tak beraturan· Menggunting kertas tak beraturan· Menggunakan kuas,spidol dan krayon untuk mencoret-coret bebas· Meronce dengan manik-manik yang besar· Membedakan permukaan benda melalui perabaanAnak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya secara sederhanaMenjaga kesehatan fisik diri sendiri· Mau makan makanan yang bergizi· Menutup mulut ketika batuk atau menguapMenjaga kebersihan dirinya· Menggosok gigi sendiri (dengan pengawasan)· Mandi pada waktunya· Makan sendiri dengan dibantu· Mau cuci tangan sebelum dan sesudah makanSENIAnak Mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama dan dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhanaDapat bergerak bebas mengikuti irama musik· Bertepuk tangan mengikuti irama musik· Menari mengikuti irama musik· Memukul-mukul benda menurut irama musikDapat mengekspresikan diri dalam bentuk coretan sederhana· Mengekspresikan diri melalui gambar sederhana· Mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk coretan atau gambarIndikator PAUD Kelompok Umur 3 – 4 tahunDibawah ini adalah contoh indikator yang dapat digunakan untuk anak usia 3 sampai 4 tahun.
ASPEKPENGEMBANGANSTANDARPENGEMBANGANPENGEMBANGANDASARINDIKATORA. MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMAI. Anak mampu meniru dan mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan dan gerakan beribadah secara sederhana serta mulai berperilaku baik atau sopana. Dapat mengucapkan bacaan doa dan lagu keagamaan secara sederhana1. Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan2. Menirukan lagu-lagu keagamaanb. Dapat meniru gerakan ibadah secara sederhana1. Menirukan sikap berdoa2. Meniru gerakan ibadah yang sederhanac. Dapat mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan1. Menyebut contoh ciptaan Tuhan secara sederhana (Contoh: Kucing, anjing)2. Menyayangi ciptaan Tuhan (Contoh: Memberi makan binatang peliharaan)3. Mau menolong teman4. Menunjukkan empati dan perhatian terhadap orang lain (teman sebaya)d. Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku saling menghormati sesama1. Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong, minta maaf secara sederhana2. Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramahB. SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIANI. Anak mampu beriteraksi, dapat menunjukan reaksi emosi yang wajar, mengenal tanggung jawab, kemandirian dan mulai menunjukkan rasa percaya diria. Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa yang dikenal1. Senang bermain dengan teman2. Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain3. Mau bekerja dalam kelompok4. Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya5. Meminta perhatian dengan mengangkat tangan, membuat permintaan verbal, atau cara lainnya6. Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya7. Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman8. Mau menyapa teman9. Tidak mengganggu teman10. Mau mengalah11. Mau menolong teman12. Menunjukkan perhatian terhadap orang lainb. Dapat menjaga keamanan diri sendiri1. Menghindari dari benda-benda yang berbahaya2. Menolak sesuatu yang tidak nyaman bagi dirinyac. Mulai menunjukkan rasa percaya diri1. Menunjukkan kebanggaan atas hasil kerja buatannya2. Berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapatd. Dapat menunjukkan kemandirian1. Menolong dirinya sendiri (makan, minum, kegiatan toilet, dll)2. Mampu berpisah dengan orangtua tanpa menangis3. Memilih kegiatan sendiri4. Melakukan kegiatan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan)e. Dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar1. Dapat dibujuk jika menangis2. Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)3. Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami kegembiraan (Misal: Mendapat hadiah)f. Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan1. Memiliki kebiasaan yang teratur (makan, minum, mandi, tidur)2. Sabar menunggu gilirang. Dapat mengenal rasa tanggungjawab1. Menjaga barang milik sendiri dan orang lain2. Meletakkan sesuatu pada tempatnya3. Merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatanC. BAHASAI. Anak dapat mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, serta memiliki perbendaharaan kosakata, yang semakin banyaka. Dapat mendengarkan informasi lisan1. Mengikuti dua atau lebih petunjuk/perintah2. Bertanya dan berkomentar tentang cerita yang didengarnya3. Mendengarkan cerita dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa tubuh, menunjukkan gambar, atau menceritakan kembali4. Mengikuti petunjuk dari tape/CD/lagu untuk melakukan gerakanb. Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan jelas1. Menyebutkan nama diri dan orangtua2. Berbicara dengan kalimat sederhana dan jelas3. Menyampaikan pesan dari orangtua ke guru4. Mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan5. Mulai bertanya dengan suatu tujuan6. Menyanyikan lagu sederhana7. Menggunakan kata tanya "apa, siapa, dimana"8. Menggunakan kata keterangan (Contoh: Lambat, lucu, dll.)9. Menjawab pertanyaan tentang hubungan sebab akibat secara sederhana10. Menggunakan 3-4 kata dalam 1 kalimat11. Menyebutkan benda sesuai fungsinya12. Menggunakan kata kepunyaan13. Meniru bunyi huruf-huruf14. Menyebutkan suku kata pertama dari kata yang sudah dikenal saat guru mengucapkan suku kata pertma (Contoh: Mengucapkan suku kata “sil” ketika guru mengucapkan suku kata “pen”)15. Mengenali tulisan nama diri sendiri16. Menceritakan pengalaman sederhana17. Menceritakan kembali cerita yang didengarnya/peristiwa yang dialami secara sederhana18. Berkomentar atas cerita yang dibacakan19. Berpartisipasi dalam percakapan dengan temanc. Mulai menunjukkan dorongan untuk membaca (pramembaca)1. Tertarik pada buku cerita dan berusaha membaca2. Memegang buku dengan benar dan membalik halaman satu persatu3. Menanyakan arti gambar/tulisan pada buku4. Meminta untuk dibacakan suatu ceritad. Dapat mengenal lambang-lambang sederhana (pramenulis)1. Menunjuk huruf-huruf yang diucapkan guru2. Mengidentifikasi huruf-huruf yang terdapat dalam namanya sendiri3. Menunjukkan benda yang diawali dengan huruf tertentu.4. Menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambare. Dapat menghasilkan coretan-coretan (pramenulis)1. Mengenali tulisan nama diri sendiri2. Mencoret-coret atau menulis seperti cakar ayam3. Memegang alat tulis dengan benar4. Menghasilkan coretan/tulisan dengan menggunakan berbagai alat tulisD. KOGNITIFI. Anak mampu mengenal konsep sederhana dan dapat mengklasifikasia. Dapat mengenal klasifikasi sederhana1. Mengelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh: menurut bentuk, warna, ukuran, jenis, dll.)2. Menunjukkan benda-benda yang memiliki ciri tertentu (misal: kasar-halus)3. Membedakan rasa, bau, suarab. Mulai menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan1. Membilang 1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang hapalan)2. Membilang dengan benda(dengan menunjukkan benda yang dibilang)3. Mengenal konsep 1- 34. Menyebutkan empat benda tanpa membilang5. Menyebutkan banyak anggota keluarga6. Membedakan banyak benda (Contoh: sedikit-banyak)7. Menyebutkan konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh: Saya yang kedua)c. Mulai menunjukkan pemahaman tentang geometri1. Menunjukkan bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga)2. Membedakan benda berdasarkan bentuk geometrid. Dapat mengenal konsep ruang dan posisi1. Membedakan posisi suatu benda (atas-bawah,luar-dalam, jauh-dekat, depan-belakang)2. Mengikuti perintah tentang posisi (Contoh: Duduk di belakang- didepan)3. Menempatkan benda sesuai posisi dalam kehidupan sehari-hari (Contoh: Menempatkan tempat tidur ketika bermain rumah-rumahan sama seperti yang ada di rumah)e. Dapat mengenal konsep ukuran1. Membedakan ukuran sederhana (besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah)2. Membedakan benda yang berat dan ringan3. Dapat menyebutkan isi wadahf. Dapat mengenal konsep waktu1. Mengenal waktu pagi, siang, dan malam2. Mengenal konsep sebentar-lamag. Dapat memecahkan masalah sederhana1. Menyusun puzzel 5 keping2. Mencari jejak/maze sederhanah. Dapat mengenal pola sederhana1. Mengurutkan pola sederhana berdasarkan warna, bentuk, ukuran2. Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentukE. FISIK/MOTORIKI. Anak mampu melakukan keterampilan gerak dasar secara sederhana dengan koordinasi yang lebih baika. Dapat melakukan gerak di tempat dengan koordinasi yang lebih baik1. Melakukan senam2. Meniru gerakan binatang, pohon dan benda-benda di sekitar3. Berayun/bergelantungan dengan dua tanganb. Dapat melakukan gerak berpindah tempat dengan koordinasi yang lebih baik1. Berdiri dengan mengangkat satu kaki2. Berjalan dengan koordinasi gerak yang baik.3. Naik turun tangga tanpa berpegangan4. Mendorong, menarik, dan mengendarai mainan beroda atau sepeda roda tiga5. Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm6. Memanjat dengan berpegangan7. Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)8. Berjalan dengan berbagai variasi seperti berjalan lurus, zigzag,dll.9. Menangkap bola dengan dua tangan10. Memasukkan bola ke dalam keranjang dari jarak tertentuc. Dapat melakukan koordinasi mata-tangan dalam rangka kelenturan, kelincahan dan kekuatan1. Membuka/menutup botol2. Memegang benda dengan benar3. Memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari4. Mengaduk cairan dengan berbagai alat5. Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah6. Menggunakan jepitan untuk menjepit sesuatu7. Melukis dengan jari8. Menggunakan kuas, spidol, dan krayon untuk mencoret9. Mengambil dan mengembalikan benda dengan benar10. Membuat berbagai bentuk dengan playdough/plastisin/tanah liat11. Meremas kertas untuk dijadikan bola12. Melipat kertas menjadi dua lipatan secara sederhana13. Menjiplak garis horizontal dan vertikal14. Menjahit pola sederhana dengan lubang yang besar15. Meronce dengan manik-manik yang besar16. Menggunting bentuk garis lurus17. Memakai pakaian dan mengancingkannya sendiri dengan bantuan18. Membuka dan menutup resleting19. Memakai sepatu dengan bantuanII. Anak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinyaa. Melakukan rutinitas kesehatan diri sendiri1. Memilih makanan dan minuman sehat2. Menggosok gigi dengan benar sesuai waktuknya dengan bantuanb. Melakukan rutinitas kebersihan dirinya1. Mandi tepat waktu dengan bantuan2. Makan sendiri tepat waktu3. Mau melakukan cuci rambut, membersihkan telinga dan memotong kuku secara teratur dengan bantuanI. Anak mampu mengekspresikan diri melalui gerakan dan karya senia. Dapat bergerak sesuai dengan irama musik1. Bergerak mengikuti irama musik2. Menggerakan kepala, tangan, kaki mengikuti irama musik3. Senam irama dengan berbagai variasi4. Menciptakan gerakan binatang dan gerakan benda-benda sesuai dengan imajinasib. Dapat bergerak mengikuti benda-benda di lingkungannya1. Meniru gerakan binatang, dan benda-benda lainnya, seperti: kapal terbang2. Menciptakan gerakan binatang, tanaman dan benda-benda sesuai dengan imajinasinyac. Dapat bernyanyi beberapa lagu1. Bersenandung/menyanyikan kata-kata pada lirik lagu yang diulang,2. Menyanyikan beberapa lagud. Dapat membuat irama secara sederhana1. Bertepuk tangan membentuk irama2. Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alate. Dapat mengekspresikan suatu karya dengan jari1. Menggambar bebas dengan berbagai media misal: krayon, pensil warna, orang, dll.2. Melukis dengan jari3. Melipat kertas secara sederhana4. Membuat berbagai karya seni sederhana dari berbagai media misal: biji-bijian, potongan kertas dll5. Membuat berbagai bentuk dari plastisin dengan menggunakan cetakan, digulung, dipotong dllIndikator PAUD Kelompok Usia 4 – 5 Tahun
Aspek PerkembanganStandar PerkembanganPerkembangan DasarIndikatorA. MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMAI. Anak mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, menirukan gerakan beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berperilaku baik dan sopan bila diingatkan.a. Dapat mengucapkan bacaan doa1. Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya2. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan3. Memimpin doab. Dapat menyanyikan lagu-lagu keagamaan1. Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhanac. Dapat mengenal bermacam-macam agama1. Menyebutkan tempat-tempat ibadahd. Dapat melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana1. Melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana namun masih perlu bimbingane. Dapat menyebutkan hari-hari besar agama1. Menyebutkan hari-hari besar agamaf. Dapat mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan1. Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan, misal: Manusia, bumi, langit, tanaman, dan hewan.2. Menyiram tanaman, memberi makan binatang3. Mau menolong teman4. Menghargai teman5. Mau membagi miliknya, misal: makanan, mainan, dll.6. Meminjamkan miliknya dengan senang hatig. Memiliki rasa sopan santun dan saling menghormati sesama1. Bersikap ramah2. Mengucapkan salam3. Meminta tolong dengan baik4. Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.5. Meminta maaf jika melakukan kesalahan6. Berbahasa sopan dalam berbicara7. Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah8. Mau mengalah9. Mendengarkan orang tua/teman berbicara10. Tidak mengganggu temanB. SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIANI. Anak mampu beriteraksi, mulai dapat mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiria. Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa1. Mulai mengajak teman untuk bermain2. Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain3. Mau bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika melakukan kegiatan4. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan5. Berbicara dengan teman sebaya tentang rencana dalam bermain (Misal: Membuat aturan bermain)6. Membuat keputusan ketika bermain dengan teman sebaya (Misal: Memutuskan siapa yang memulai bermain)7. Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya8. Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa9. Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman10. Mau menyapa teman dan orang dewasab. Dapat menjaga keamanan diri sendiri1. Menghindari benda – benda berbahayac. Menunjukkan rasa percaya diri1. Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanyad. Dapat menunjukkan kemandirian1. Memasang kancing atau resleting sendiri2. Memasang dan membuka tali sepatu sendiri3. Mampu makan sendiri4. Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)5. Mampu memilih benda untuk bermain6. Mampu mandi, BAK dan BAB (toilet training) masih dengan bantuan7. Mampu mengerjakan tugas sendiri8. Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya9. Mengurus dirinya sendiri dengan bantuan, misalnya: berpakaiane. Mulai dapat menunjukkan emosi yang wajar1. Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis2. Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunyaf. Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan1. Melaksanakan tata tertib yang ada2. Mengikuti aturan permainan3. Mengembalikan alat permainan pada tempatnya4. Membuang sampah pada tempatnya5. Sabar menunggu giliran6. Berhenti bermain pada waktunyag. Mulai dapat bertanggung jawab1. Melaksanakan tugas yang diberikan2. Menyelesaikan tugas yang diberikan3. Menjaga barang milik sendiri dan orang lain4. Menggunakan barang orang lain dengan hati-hatiC. BAHASAI. Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbola. Dapat mendengarkan, membedakan, dan mengucapkan bunyi/suara tertentu1. Menyebutkan berbagai bunyi/ suara tertentu2. Menirukan kembali 3 - 4 urutan kata3. Menyebutkan kata-kata dengan suku kata awal yang sama, misal kaki-kali atau suku kata akhir yang sama, misal nama-sama, dll.4. Melakukan 2-3 perintah secara sederhana5. Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhanab. Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan1. Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana2. Menyenceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana3. Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhanac. Dapat memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari1. Menyebutkan bermacam-macam kata benda yang ada dilingkungan sekitar2. Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)d. Dapat menceritakan gambar (pra membaca)1. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri2. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)3. Menghubungkan gambar/benda dengan katae. Dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dan tulisan (pramembaca)1. Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana2. Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkanf. Dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana (pramenulis)1. Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannyaD. KOGNITIFI. Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.a. Dapat mengenal klasifikasi sederhana1. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll2. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentub. Dapat mengenal konsep-konsep Sains sederhana1. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air(terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suarac. Dapat mengenal bilangan1. Membilang/menyebut urutan bilangan minimal dari 1 sampai 102. Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 53. Menunjukkan urutan benda untuk bilangan 1 sampai 54. Mengenal konsep banyak - sedikit, lebih – kurang, sama – tidak sama5. Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda- benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis)6. Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit7. Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda)8. Menyebutkan hasil pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 5d. Dapat mengenal bentuk geometri1. Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)2. Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan bentuk-bentuk geometrie. Dapat memecahkan masalah sederhana1. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana2. Menyusun kepingan puzzel menjadi bentuk utuh (4 – 6 keping)3. Mencari lokasi tempat asal suara4. Memasang benda sesuai dengan pasangannya5. Menyebutkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya6. Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh dari buku7. Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya8. Membedakan konsep kasar – halus melalui panca inderaf. Dapat mengenal konsep ruang dan posisi1. Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas – bawah, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik – turun, maju – mundurg. Dapat mengenal ukuran1. Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang atau tali)2. Membedakan konsep berat – ringan, gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera3. Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll4. Membedakan konsep tebal – tipis5. Membedakan konsep tinggi – rendah6. Membedakan konsep besar – kecil7. Membedakan konsep cepat – lambath. Dapat mengenal konsep waktu1. Membedakan waktu (pagi, siang, malam)2. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan dan tahuni. Dapat mengenal berbagai pola1. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,….2. Meronce dengan merjanj. Dapat konsep pengetahuan sosial sederhana1. Menceritakan letak lokasi dari rumah ke sekolah2. Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter, polisi, dll.)3. Mengenal berbagai macam alat angkutan sederhana (Contoh: Mobil; motor, dll.)E. FISIK/MOTORIKI. Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi,untuk kelenturan, kelincahan, dan keseimbangana. Dapat melakukan gerakan di tempat (gerak dasar non lokomotor)1. Memutar dan mengayunkan lengan2. Meliukkan tubuh3. Membungkukkan badan4. Senam fatansi bentuk meniru (misal: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena angin sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali dengan lincahb. Dapat melakukan gerak berpindah tempat sederhana (gerak dasar lokomotor)1. Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara, misalnya; berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit (angkat tumit), berjalan mundur2. Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki3. Meloncat dari ketinggian 20-30 cm4. Memanjat, bergelantung, dan berayun5. Berdiri dengan tumit6. Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh7. Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, ke depan dan ke belakang)8. Merayap dengan berbagai variasi9. Merangkak dengan berbagai variasi10. Menaiki benda beroda (Contoh: menaiki sepeda roda dua dengan bantuan roda kecil dua)c. Dapat melakukan gerakan jari tangan untuk kelenturan otot (Motorik halus)1. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat2. Meremas kertas/koran meremas parutan kelapa dll.3. Menjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran4. Meniru melipat kertas sedehana (1-4 lipatan)5. Merekat/menempel6. Menyusun berbagai bentuk dengan balok7. Memegang pensil (belum sempurna)8. Meronce dengan manik-manikd. Dapat melakukan koordinasi mata-tangan1. Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, mengikat tali sepatu, mengkancingkan baju, membuka risleting jaket, dll.2. Menggunting sesuai bentuk melingkar, zigzag, dll.3. Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu4. Melambungkan dan menangkap objek (bola besar)5. Memantulkan bola besar pada posisi diam di tempat6. Memantulkan objek (bola besar) sambil berjalan/bergerakII. Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya dengan bantuana. Dapat menunjukkan ciri-ciri sehat fisik1. Melakukan berbagai gerakan koordinasi mata-tangan2. Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti melompat dan berlari.3. Memiliki kemampuan mendengar4. Membantu dirinya sendiri (makan, menyisir rambut, memasang tali sepatu dengan sedikit bantuan).5. Mau melakukan (mencuci rambu, membersihkan telinga, dan memotong kuku secara teratur dengan bantuan6. Melakukan BAB sendiri secara benarF. SENII. Anak mampu mengekpresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan eksplorasia. Dapat menggambar sederhana1. Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll)2. Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat3. Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana.4. Mencap dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepaya, karet busa, dll.)5. Mencetak berbagai media (pasir, adonan tepung dll.b. Dapat mewarnai sederhana1. Mewarnai bentuk gambar sederhana2. Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besarc. Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media1. Menyusun bentuk-bentuk bangunan sederhana dari balok2. Menyusun bentuk dari kepingan geometri yang sederhana3. Merangkai bentuk dengan lidi4. Membatik dan jumputan sederhana5. Mencocok dengan pola buatan guru6. Bermain warna dengan berbagai media. Misalnya : krayon, cat air, dll.7. Melukis dengan jari (finger painting)8. Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat9. Membuat alat perkusi sederhana (misalnya membuat10. krincingan dari tutup botol)11. Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat iramad. Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana1. Menggerakkan kepala, tangan atau kaki mengikuti irama musik/ritmik2. Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musike. Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana1. Menyanyikan lagu secara lengkap2. Menyanyikan beberapa lagu anak-anak3. Mencipta, mengarang syair lagu4. Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana5. Mengucapkan syair dari berbagai lagu
Indikator PAUD Kelompok Umur 5 – 6 Tahun
Aspek PerkembanganStandar PerkembanganPerkembangan DasarIndikatorA. MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMAI. Anak mampu melakukan ibadah dan perilaku keagamaan secara berurutan dan mulai belajar membedakan perilaku baik dan buruka. Dapat melaksanakan ibadah, bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan1. Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya2. Mengenal tempat-tempat ibadah3. Mengenal hari-hari besar agama4. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan5. Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal6. Menyanyi lagu-lagu keagamaan7. Bersyair yang bernafaskan agama8. Mulai terlibat dalam acara keagamaan9. Menyimak beberapa cerita bernuansa keagamaan10. Melaksanakan gerakan beribadah secara berurutan namun belum secara rutinb. Dapat menyayangi ciptaan Tuhan1. Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan2. Berbuat baik terhadap sesama teman. Misal: Tidak menggangu orang yang sedang melakukan kegiatan3. Menyiram/merawat tanaman4. Memberi makan binatang5. Suka menolong teman dan orang dewasa6. Menyayangi sahabat7. Mau berbagi dengan orang lainc. Terbiasa berperilaku sopan santun dan saling menghormati sesama1. Bersikap ramah2. Meminta tolong dengan baik3. Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.4. Meminta maaf jika melakukan kesalahan5. Berbahasa sopan dalam berbicara (tidak berteriak)6. Mau mengalah7. Mendengarkan orang tua/teman berbicara8. Tidak mengganggu teman9. Memberi dan membalas salam10. Menutup mulut dan hidung bila bersin/batuk11. Menghormati yang lebih tua12. Menghargai teman/orang lain13. Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara14. Menyayangi yang lebih muda dan menghormati yang lebih tuad. Dapat membedakan perbuatan yang benar dan salah1. Membedakan perbuatan yang benar dan salah2. Menyebutkan perbuatan salah dan benarB. SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIANI. Anak mampu beriteraksi, dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya,menunjukan percaya diri, dan dapat menjaga diri sendiria. Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa1. Bersedia bermain dengan teman sebaya tanpa membedakan (warna kulit, keturunan, rambut, agama, dll.)2. Mau memuji teman/orang lain3. Mengajak teman untuk bermain/belajar4. Bermain bersama (permainan halma, ular tangga, dll.)5. Berkomunikasi dengan orang dewasa ketika melakukan sesuatu (membuat kue, memasak, dll.)6. Berkomunikasi dengan temannya ketika mengalami musibah (Misal: Sakit, sedih, dll.)b. Dapat menunjukan rasa percaya diri1. Berani bertanya dan menjawab2. Mau mengemukakan pendapat secara sederhana3. Mengambil keputusan secara sederhana4. Bermain pura-pura tentang profesi5. Bekerja secara mandiri6. Berani bercerita secara sederhanac. Dapat menunjukkan sikap kemandirian1. Memasang kancing atau resleting sendiri.2. Memasang dan membuka tali sepatu sendiri3. Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)4. Mampu mandi sendiri, BAK dan BAB (toilet training)5. Mengerjakan tugas sendiri6. Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya7. Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan (misalnya: berpakaian, menggosok gigi, makan)d. Dapat menunjukkan emosi yang wajar1. Mau berpisah dengan ibu2. Menerima kritikan dan saran3. Membantu memecahkan perselisihan/masalah4. Mengekpresikan perasaannya (Misal: Marah, sedih, gembira, kaget, dll.)e. Terbiasa menunjukkan sikap kedisplinan dan mentaati peraturan1. Membuang sampah pada tempatnya2. Merapikan mainan setelah digunakan3. Mentaati peraturan yang berlaku4. Berangkat ke sekolah tepat waktuf. Dapat bertanggung jawab1. Melaksanakan tugas yang diberikan guru.2. Menjaga barang milik sendiri dan orang lain3. Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai4. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberkan5. Memelihara milik sendiri6. Bekerjasama dalam menyelesaikan tugasg. Terbiasa menjaga lingkungan1. Memelihara lingkungan. Misalnya: tidak mencorat coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll.2. Menghemat pemakaian air dan listrik3. Membersihkan peralatan makanan setelah digunakanC. BAHASAI. Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis, dan berhitunga. Dapat mendengar dan membedakan bunyi suara, kata dan kalimat sederhana1. Membedakan kembali bunyi/suara tertentu2. Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misal: kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama (misal: nama-sama dll).3. Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut.4. Melakukan 3 - 5 perintah secara berurutan dengan benar5. Menunjukkan beberapa gambar yang diminta6. Menirukan kembali bunyi/suara tertentu7. Menirukan kembali 4-5 urutan katab. Dapat berkomunikasi/ berbicara lancar dengan lafal yang benar1. Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahirannya, alamat rumah dengan lengkap2. Berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri (sesuai usia anak)3. Menceritakan pengalaman/ kejadian secara sederhana dengan runtut4. Menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan tersebut5. Menjawab pertanyaan sederhana6. Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang kompleks terdiri atas 5 – 6 kata7. Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka.8. Menyebutkan nama benda yang diperlihatkan9. Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa10. Menyebutkan gerakan-gerakan. Misanya : jongkok, duduk, berlari, makan dll.11. Memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat. Misalnya : di luar, di dalam, di atas, di bawah, di muka, di depan, di belakang, di kiri, di kanan dsb.c. Dapat memahami bahwa ada hubungan antara lisan dengan tulisan (pra membaca)1. Menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan2. Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata3. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas4. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 - 6 gambar)5. Membaca buku cerita bergambar dan menceritakannyad. Dapat memahami bahwa ada hubungan antara gambar dengan tulisan (pramenulis)1. Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya2. Membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan dan benda yang dikenal atau dilihatnya3. Membuat coretan/tulisan yang berbentuk huruf/kata berdasarkan gambar yang dibuatnya4. Mulai menunjukkan ketetarikan dengan buku/ media cetakD. KOGNITIFI. Anak mampu mengenaldan memahami berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-haria. Dapat mengenal klasifikasi sederhana1. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya; Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.2. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentub. Dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana1. Menceritakan hasil percobaan sederhana tentang: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan, daun dll.)2. Apa yang terjadi jika balon ditiup lalu dilepaskan3. Benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi)4. Percobaan dengan magnit mengamati dengan kaca pembesar5. Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara berdasarkan percobaanc. Dapat mengenal bilangan dan memahami konsep-konsep matematika sederhana1. Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 202. Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 103. Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 104. Membedakan konsep banyak - sedikit, lebih – kurang, sama – tidak sama5. Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda- benda sampai 10 ( anak tidak disuruh menulis)6. Menunjukkan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit dari 2 kumpulan benda7. Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda) dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 108. Menyebutkan waktu/jamd. Dapat mengenal bentuk geometri1. Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat, dll)2. Membedakan benda-benda yang berbentuk geometri3. Membedakan ciri-ciri bentuk geometri4. Menyebutkan benda-benda yang berbentuk geometrie. Dapat memecahkan masalah sederhana1. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana (tiga empat jalan)2. Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (7 – 10 keping)3. Mencari lokasi tempat asal suara4. Memasang benda sesuai dengan pasangannya5. Menunjukkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya6. Menceritakan tentang sesuatu yang diperoleh dari buku7. Menceritakan kembali sesuatu berdasarkan ingatannya8. Membedakan konsep kasar – halus melalui panca inderaf. Dapat mengenal konsep ruang dan posisi1. Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas – bawah, kiri -kanan, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik – turun, maju – mundurg. Dapat mengenal ukuran2. Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, lebar/luas - sempit melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang, tali, lidi dll)3. Membedakan konsep berat – ringan, gemuk - kurus melalui menimbang benda dengan timbangan/timbangan buatan dan panca indera4. Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll5. Membedakan konsep tebal-tipis, tinggi – rendah, besar-kecil, cepat lambat dsb.h. Dapat mengenal konsep waktu1. Membedakan waktu (pagi, siang, malam)2. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, satu bulan dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun3. Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya misal: waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah dlli. Dapat mengenal berbagai pola1. Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, besok, kemarin)2. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 3-4 pola yang berurutan. Misalnya merah – putih - biru, merah – putih - biru, merah,….j. Dapat mengenal konsep pengetahuan sosial sederhana1. Menceritakan letak lokasi dari rumah ke sekolah atau ke tempat-tempat yang dikenalnya2. Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter, polisi, pilot, dll.)3. Mengenal berbagai macam alat transportasi/angkutan sederhana di darat, laut, dan udara (Contoh: Mobil; kapal laut, pesawat terbang, dll.)4. Memerankan berbagai macam profesi (Contoh: sebagai dokter, polisi, guru, dll.) (bermain peran)E. FISIK/MOTORIKI. Anak mampu melakukan gerakan tubuh fisik secara terkoordinasi, untuk kelunturan sebagai keseimbangan dan kelincahana. Dapat melakukan gerakan di tempat (motorik kasar)1. Memutar dan mengayunkan lengan2. Meliukkan tubuh3. Membungkukkan badan4. Senam fantasi bentuk meniru. Misal: Menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang dan kencang sekali) dengan lincahb. Dapat melakukan gerak berpindah tempat sederhana (motorik kasar)1. Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara, misalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit, berjalan mundur.2. Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki3. Meloncat dari ketinggian 30 - 40 cm4. Memanjat, bergelantung, dan berayun5. Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang6. Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh7. Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi8. Naik sepeda roda dua, naik otopetc. Dapat melakukan koordinasi mata-tangan (Motorik halus)1. Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan, misalnya; makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci tangan dan melap tangan, mengikat tali sepatu2. Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari)3. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat, pasir dll.4. Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran5. Meniru melipat kertas sederhana (5-6 lipatan)6. Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) dengan tali rafia, benang wol, tali sepatu dll7. Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, segitiga)8. Mencocok bentuk9. Menyusun berbagai bentuk dari balok-balok10. Membuat lingkaran dan persegi dengan rapi11. Meronce dengan manik-manik sesuai pola12. Meronce dengan berbagai media. Misal: (bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll)d. Dapat melakukan gerakan tangan untuk kelenturan otot (motorik kasar)1. Melambungkan berbagai objek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan2. Menangkap objek sesuai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan3. Melemparkan objek ke berbagai arah dengan tangan kiri atau kanan4. Menggulirkan bola menyusuri tanah/lantai dengan satu atau dua tangan5. Melemparkan objek ke sasaran dengan satu atau dua tangan6. Bermain dengan simpai (di gelindingkan sambil berjalan, berlari dsb)II. Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya tanpa bantuana. Dapat melakukan kegiatan untuk kesehatan fisik dan kebersihan diri1. Melakukan banyak gerakan koordinasi mata-tangan2. Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti melompat dan berlari dengan berbagai variasi3. Memiliki kemampuan mendengar yang baik4. Membantu dirinya sendiri (makan sendiri, menyisir rambut, memasang tali sepatu, dll. tanpa bantuan)5. Melakukan BAB sendiri secara benar6. Membersihkan telinga, mencuci rambut, memotong kuku dengan bantuan orang lainF. SENII. Anank mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya senia. Dapat menggambar sederhana
1. Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam) dengan rapi2. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat, dll3. Menggambar orang dengan lengkap dan proposional4. Mencap dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapib. Dapat mewarnai sederhana1. Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapic. Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media2. Menciptakan bentuk bangunan dari balok yang lebih kompleks3. Menciptakan bentuk dari kepingan gometri yang lebih kompleks4. Menciptakan bentuk dengan lidi, tusuk gigi, sedotan dll5. Menganyam dengan berbagai media. Misal: kain perca, daun, sedotan, kertas dll.6. Membatik dan jumputan7. Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media, (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan, dll.)8. Membuat gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/ bahan( segi empat, segitiga, lingkaran dll)9. Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri10. Bermain warna dengan berbagai media. Misal : Krayon, cat air, benang, kelereng dll11. Melukis dengan jari (finger painting)12. Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan dll)13. Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat (misal: gitar, tamburing, dll)14. Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan dll15. Mencipta alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama16. Bertepuk tangan dengan 3 pola17. Bertepuk tangan membentuk irama18. Menciptakan sesuatu dari bahan bekas (misal: membuat mobil-mobilan dari kardus bekas dll)d. Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana1. Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kakisesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur2. Bergerak bebas dengan irama musik3. Menari menurut irama/musik yang didengar4. Menyanyi sambil berekspresi sesuai lagu anak5. Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasie. Dapat menyayi dan memainkan alat musik sederhana1. Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak2. Menyanyi lagu anak sambil bermain musikf. Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya1. Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misal : perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan2. Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu dan cerita3. Mengucapkan syair sajak sambil diiringi senandung lagunyag. Dapat melakukan gerakan pantomim1. Menceritakan gerak pantomin ke dalam bahasa lisan - Pilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelompok dalam satu semester.
- Buat “Matrik Hubungan Kompetensi Dasar dengan Tema. Dalam langkah ini yang harus dilakukan adalah memasukkan hasil belajar dan/atau indikator ke dalam jaringan tema.
- Tetapkan alokasi waktu untuk setiap jaringan tema dengan memperhatikan keluaan cakupan pembahasan tema dan minggu efektif lembaga.
Contoh format Program Semester :
KEGIATAN PAUD CENDEKIA ADALAH PEMBELAJARAN TEMATIK YANG SANGAT DISUKAI OLEH NAKA-ANAK......LIHAT AJA MENYENANGKAN BUKAN?????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar