Selasa, 03 Maret 2015

METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA PAUD CENDEKIA





Indikator PAUD Kelompok Usia 4 – 5 Tahun

Aspek Perkembangan
Standar Perkembangan
Perkembangan Dasar
Indikator



A.      MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMAH:\DCIM\100MEDIA\IMG_2754.JPG
I.      Anak mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, menirukan gerakan beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berperilaku baik dan sopan bila diingatkan. 
 
a.   Dapat mengucapkan bacaan doa
1.       Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
2.       Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
3.       Memimpin doa

b.   Dapat menyanyikan lagu-lagu keagamaan
1.       Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana

H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2754.JPG
c.  Dapat mengenal bermacam-macam agama
1.       Menyebutkan tempat-tempat ibadah

d. Dapat melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana
1.       Melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana namun masih perlu bimbingan

H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2756.JPG
e. Dapat menyebutkan hari-hari besar agama
1.       Menyebutkan hari-hari besar agama

f.    Dapat mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
1.       Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan, misal: Manusia, bumi, langit, tanaman, dan hewan.
2.       Menyiram tanaman, memberi makan binatang
3.       Mau menolong teman
4.       Menghargai teman
5.       Mau membagi miliknya, misal: makanan, mainan, dll.
6.       Meminjamkan miliknya dengan senang hati

H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2756.JPG 
 
g.   Memiliki rasa sopan santun dan saling menghormati sesama
1.       Bersikap ramah
2.       Mengucapkan salam
3.       Meminta tolong dengan baik
4.       Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
5.       Meminta maaf jika melakukan kesalahan
6.       Berbahasa sopan dalam berbicara
7.       Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
8.       Mau mengalah
9.       Mendengarkan orang tua/teman berbicara
10.    Tidak mengganggu teman

B.      SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2754.JPG H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2756.JPG
H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2765.JPGH:\DCIM\100MEDIA\IMG_2767.JPG
I.      Anak mampu beriteraksi, mulai dapat mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiri
a.   Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa
1.       Mulai mengajak teman untuk bermain
2.       Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
3.       Mau bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika melakukan kegiatan
4.       Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
5.       Berbicara dengan teman sebaya tentang rencana dalam bermain (Misal: Membuat aturan bermain)
6.       Membuat keputusan ketika bermain dengan teman sebaya (Misal: Memutuskan siapa yang memulai bermain)
7.       Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
8.       Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa
9.       Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
10.    Mau menyapa teman dan orang dewasa
b.   Dapat menjaga keamanan diri sendiri
1.       Menghindari benda – benda berbahaya
c.   Menunjukkan rasa percaya diri
1.       Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya
d.   Dapat menunjukkan kemandirian
1.       Memasang kancing atau resleting sendiri
2.       Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
3.       Mampu makan sendiri
4.       Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)
5.       Mampu memilih benda untuk bermain
6.       Mampu mandi, BAK dan BAB (toilet training) masih dengan bantuan
7.       Mampu mengerjakan tugas sendiri
8.       Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
9.       Mengurus dirinya sendiri dengan bantuan, misalnya: berpakaian
e.   Mulai dapat menunjukkan emosi yang wajar
1.       Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
2.       Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya
f.    Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan
1.       Melaksanakan tata tertib yang ada
2.       Mengikuti aturan permainan
3.       Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
4.       Membuang sampah pada tempatnya
5.       Sabar menunggu giliran
6.       Berhenti bermain pada waktunya
g.   Mulai dapat bertanggung jawab
1.       Melaksanakan tugas yang diberikan
2.       Menyelesaikan tugas yang diberikan
3.       Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
4.       Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar