Indikator PAUD Kelompok Usia 4 – 5 Tahun
Aspek
Perkembangan
|
Standar
Perkembangan
|
Perkembangan
Dasar
|
Indikator
|
|
A.
MORAL
DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
I. Anak
mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, menirukan gerakan
beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berperilaku baik dan sopan
bila diingatkan.
|
a. Dapat
mengucapkan bacaan doa
|
1. Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
2. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
3. Memimpin doa
|
|
b. Dapat
menyanyikan lagu-lagu keagamaan
|
1.
Menyanyikan lagu-lagu
keagamaan yang sederhana
|
|||
c. Dapat mengenal bermacam-macam agama
|
1.
Menyebutkan tempat-tempat
ibadah
|
|||
d. Dapat
melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana
|
1.
Melaksanakan gerakan ibadah secara
sederhana namun masih perlu bimbingan
|
|||
e. Dapat menyebutkan hari-hari besar agama
|
1.
Menyebutkan hari-hari
besar agama
|
|||
f. Dapat
mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
|
1.
Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan,
misal: Manusia, bumi, langit, tanaman, dan hewan.
2.
Menyiram tanaman, memberi makan
binatang
3.
Mau menolong teman
4.
Menghargai teman
5.
Mau membagi miliknya, misal: makanan,
mainan, dll.
6.
Meminjamkan miliknya dengan senang hati
|
|||
g. Memiliki
rasa sopan santun dan saling menghormati sesama
|
1. Bersikap
ramah
2. Mengucapkan
salam
3. Meminta
tolong dengan baik
4. Berterima
kasih jika memperoleh sesuatu.
5. Meminta maaf jika melakukan kesalahan
6. Berbahasa
sopan dalam berbicara
7. Mau
menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
8. Mau
mengalah
9. Mendengarkan
orang tua/teman berbicara
10. Tidak
mengganggu teman
|
|||
B.
SOSIAL, EMOSIONAL
DAN KEMANDIRIAN
|
I.
Anak mampu
beriteraksi, mulai dapat mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa
percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiri
|
a. Dapat
berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa
|
1.
Mulai mengajak
teman untuk bermain
2.
Meminta izin bila
menggunakan benda milik orang lain
3. Mau
bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika melakukan kegiatan
4.
Berani bertanya dan
menjawab pertanyaan
5.
Berbicara dengan
teman sebaya tentang rencana dalam bermain (Misal: Membuat aturan bermain)
6.
Membuat keputusan
ketika bermain dengan teman sebaya (Misal: Memutuskan siapa yang memulai
bermain)
7.
Berkomunikasi
dengan orang-orang yang ditemuinya
8.
Mendengar dan
berbicara dengan orang dewasa
9.
Mengadukan
masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
10.
Mau menyapa teman
dan orang dewasa
|
|
b. Dapat
menjaga keamanan diri sendiri
|
1.
Menghindari benda – benda berbahaya
|
|||
c. Menunjukkan
rasa percaya diri
|
1. Menunjukkan
kebanggaan terhadap hasil kerjanya
|
|||
d. Dapat
menunjukkan kemandirian
|
1. Memasang
kancing atau resleting sendiri
2. Memasang
dan membuka tali sepatu sendiri
3. Mampu
makan sendiri
4. Berani
pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)
5.
Mampu memilih benda untuk
bermain
6. Mampu
mandi, BAK dan BAB (toilet training)
masih dengan bantuan
7. Mampu
mengerjakan tugas sendiri
8. Bermain
sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
9. Mengurus
dirinya sendiri dengan bantuan, misalnya: berpakaian
|
|||
e. Mulai
dapat menunjukkan emosi yang wajar
|
1. Mau
berpisah dengan ibu tanpa menangis
2. Dapat
dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya
|
|||
f. Mulai
menunjukkan sikap kedisiplinan
|
1. Melaksanakan
tata tertib yang ada
2. Mengikuti
aturan permainan
3. Mengembalikan
alat permainan pada tempatnya
4. Membuang
sampah pada tempatnya
5. Sabar
menunggu giliran
6. Berhenti
bermain pada waktunya
|
|||
g. Mulai
dapat bertanggung jawab
|
1. Melaksanakan
tugas yang diberikan
2.
Menyelesaikan tugas yang
diberikan
3. Menjaga
barang milik sendiri dan orang lain
4. Menggunakan
barang orang lain dengan hati-hati
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar