Selasa, 03 Maret 2015

METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF PAUD CENDEKIA


Indikator PAUD Kelompok Umur 3 – 4 tahun

Dibawah ini adalah contoh Pengembangan Kognitif yang dapat digunakan untuk anak usia 3 sampai 4 tahun.


ASPEK
PENGEMBANGAN
STANDAR
PENGEMBANGAN
PENGEMBANGAN
DASAR
INDIKATOR
  
H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2774.JPG
I.      Anak mampu mengenal konsep  sederhana dan dapat mengklasifikasi
a.     Dapat mengenal klasifikasi sederhana
1.     Mengelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh: menurut bentuk, warna, ukuran, jenis, dll.)
2.     Menunjukkan benda-benda yang memiliki ciri tertentu (misal: kasar-halus)
3.     Membedakan rasa, bau, suara
H:\DCIM\100MEDIA\IMG_2781.JPGH:\DCIM\100MEDIA\IMG_2771.JPGH:\DCIM\100MEDIA\IMG_2779.JPG

b.     Mulai menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan
1.     Membilang 1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang hapalan)
2.     Membilang dengan benda(dengan menunjukkan benda yang dibilang)
3.     Mengenal konsep 1- 3
4.     Menyebutkan empat benda tanpa membilang
5.     Menyebutkan banyak anggota keluarga
6.     Membedakan banyak benda (Contoh: sedikit-banyak)
7.     Menyebutkan konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh: Saya yang kedua)


c.     Mulai menunjukkan pemahaman tentang geometri
1.     Menunjukkan bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga)
2.     Membedakan benda berdasarkan bentuk geometri


d.     Dapat mengenal konsep ruang dan posisi
1.     Membedakan posisi suatu benda (atas-bawah,luar-dalam, jauh-dekat, depan-belakang)
2.     Mengikuti perintah tentang posisi (Contoh: Duduk di belakang- didepan)
3.     Menempatkan benda sesuai posisi dalam kehidupan sehari-hari (Contoh: Menempatkan tempat tidur ketika bermain rumah-rumahan sama seperti yang ada di rumah)


e.     Dapat mengenal konsep ukuran
1.     Membedakan ukuran sederhana (besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah)
2.     Membedakan benda yang berat dan ringan
3.     Dapat menyebutkan isi wadah


f.      Dapat mengenal konsep waktu
1.     Mengenal waktu pagi, siang, dan malam
2.     Mengenal konsep sebentar-lama


g.     Dapat memecahkan  masalah sederhana
1.     Menyusun puzzel 5 keping
2.     Mencari jejak/maze sederhana


h.     Dapat mengenal pola sederhana
1.     Mengurutkan pola sederhana berdasarkan warna, bentuk, ukuran
2.     Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk








































































































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar